Home > Renungan > Maju Terus Dalam Tuhan

Maju Terus Dalam Tuhan

“Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidaklah seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku…Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.” (Wahyu 3 : 7-8,10)

Apa yang perlu kita lakukan untuk dapat selalu maju ke depan :

  1. Provision: ketetapan.
    Segala sesuatu yang telah Tuhan tetapkan tidak dapat diubah oleh siapa pun. Sebagai umat Tuhan, mari kita berjalan sesuai dengan ketetapan Tuhan. Kalau Tuhan sudah membuka jalan, tidak ada yang dapat menutupnya. Demikian juga sebaliknya. Itu adalah ketetapan Tuhan. Apabila kita berjalan bersama Tuhan dan sesuai dengan kehendak-Nya, maka Tuhan akan membuka jalan. Banyak hal besar yang dapat kita lakukan bersama dengan Tuhan karena di luar Tuhan, kita tidak dapat berbuat apa-apa (Yohanes 15 : 5b, Mazmur 18:21-23).

  2. Providential: melihat sesuatu yang ada di depan.
    Allah sudah memanggil kita untuk membawa kita menuju rencana-Nya di depan, walaupun kita belum mengetahui bagaimanakah masa depan kita. Tetapi Tuhan sudah terlebih dahulu merencanakan masa depan bagi kita yang penuh dengan kepastian dan rencana-Nya tidak pernah gagal.

    Rancangan Tuhan adalah rancangan damai sejahtera dan hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29 : 11). Apa yang tidak tidak pernah kita lihat, yang tidak terpikirikan, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati, itulah yang tuhan sediakan dalam kehidupan kita.

    Dengan apakah kita dapat membalas kebaikan Tuhan? Dengan berkomitmen pada pelayanan Tuhan. Komitmen bukan hanya sekedar janji, tetapi juga bertanggung jawab atas pekerjaan Tuhan. Hal itu dimulai dari hati kita. Firman Allah menetapkan kebenaran dalam tingkah laku kita sehingga menumbuhkan sikap hati (attitude) untuk berjalan sesuai ketetapan Tuhan.

  3. Protection: perlindungan.
    Setiap langkah perjalanan hidup kita dilindungi oleh Tuhan apabila kita senantiasa berjalan sesuai ketetapan Tuhan. Ikuti Firman Allah dan Ia yang akan melakukan hal-hal dahsyat di dalam kehidupan kita. Firman Allah sebagai kekuatan kita dan Ia tidak akan pernah mengecewakan kita. Oleh karena itu, kita harus berusaha tidak mengecewakan Tuhan. Lakukanlah apa yang harus kita lakukan dan Ia akan lakukan apa yang akan Ia kerjakan untuk kebaikan kita (Mazmur 94:2, Amsal 24:25).

(Pdt. Frengki Talumikir)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: